Seorang Guru, Atau Seorang Pendidikkah Anda?

Dewasa ini, setiap orang yang dianggap memiliki pengetahuan yang luas dan memiliki nilai akademik yang baik dapat langsung dijadikan sebagai seorang pengajar, atau lebih sering kita sebut seorang guru. Guru (digugu dan ditiru) merupakan profesi yang terhormat di mata masyarakat; yang merupakan pedoman bagi semua pembelajar. Ketika seseorang dilabeli sebagai seorang Guru maka citranya di kalangan masyarakat sangat positif. Hampir tidak ada seorang guru yang mengajarkan hal-hal buruk pada muridnya. Akan tetapi, kategori guru yang positif dalam pemahaman saya adalah Beliau yang sudah pantas disebut sebagai seorang pendidik, bukan seorang pengajar.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengajar memiliki arti orang yang mengajar (seperti guru, pelatih) – dengan kata dasar ajar yang berarti petunjuk kepada orang supaya diketahui (diturut). Berdasarkan pengertian tersebut seorang pengajar masih memiliki makna yang ambigu; apakah yang diajarkannya itu adalah hal yang baik atau hal yang buruk dan apakah seorang pengajar tersebut merupakan seseorang yang memiliki kepribadian yang baik atau berkepribadian buruk. Melihat kepada objek pembelajaran atau materi yang diajarkan dari seorang pengajar kepada pembelajarnya juga merupakan suatu hal yang harus diperhatikan. Seorang pencuri yang sudah sangat ahli dalam melakukan pekerjaannya mampu menurunkan ilmunya tersebut kepada kawannya yang lain hingga mereka memiliki ilmu yang sama baiknya dalam mencuri. Nah, bukankah proses tersebut juga dapat dikatakan sebagai suatu proses pemindahan ilmu dari seorang guru kepada muridnya. Maka dalam hal ini, si pencuri tersebut dapat kita sebut sebagai seorang guru dan kawan-kawannya kita sebut sebagai murid. Lalu di mana letak perbedaanya antara seorang guru yang berada di sekolah yang mengajarkan kebaikan kepada muridnya  dengan guru yang berada di luar sekolah yang mengajarkan keburukan pada muridnya. Jelas sekali bahwa sebutan Guru tidak hanya diperuntukan kepada mereka yang berada di lingkungan akademik tetapi juga di kalangan masyarakat  yang kurang beradab.

Masih dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pendidik memilik arti orang yang mendidik dengan kata dasar didik yang berarti memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Berdasarkan pengertian tersebut, kata pendidik memiliki makna yang postif. Apabila seseorang dikatakan sebagai seorang pendidik maka objek yang ia berikan kepada peserta didiknya adalah suatu hal yang baik dan bukan merupakan suatu hal yang buruk. Merujuk kepada pengertian mendidik yang berarti memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran, sebutan pendidik merupakan satu-satunya panggilan yang layak diberikan kepada mereka yang berkecimpung di dunia pendidikan dengan memiliki tujuan untuk memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran kepada peserta didiknya. Ilmu-ilmu yang didapatkan dari sekolah atau tempat belajar lainnya yang bersifat akademis (formal dan non-formal) berasal dari seorang pendidik.

Benar faktanya, bahwa seorang guru/pengajar masih berada dalam kategori profesi yang positif. Namun semua itu bergantung pada konteksnya – bergantung pada kepribadian orang yang mengajar itu sendiri, tempat mengajar, dan materi yang diajarkan. Oleh karena itu, sudah saatnya masyarakat dikenalkan pada kata pendidik sebagai panggilan bagi mereka yang mengajarkan akhlak dan kecerdasan pikiran pada manusia agar makna profesi tersebut lebih positif dan lebih jelas ditujukannya.

Jikalau tiba saatnya saya menjadi salah satu dari mereka yang memberikan pelatihan kepada oranglain, saya lebih memilih untuk disebut sebagai seorang Pendidik.

Amin.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s