Adakalanya

Adakalanya seseorang mengincar hal-hal yang tidak realistis; hal yang sulit dicapai bahkan dengan kerja keras sekalipun. Adakalanya seseorang menerima setiap hal yang telah diberikan kepadanya tanpa mengeluh sedikit pun tentang baik atau buruknya hal tersebut.

Adakalanya seorang anak ingin memberikan sebuah penjelasan kepada orangtuanya; menjelaskan bahwa maksudnya bukan seperti ini melainkan demikian. Adakalanya seorang anak ingin selalu menuruti semua yang diperintahkan orangtua dan menerima hal-hal yang terjadi padanya berdasarkan keputusan orangtua tanpa mencoba mengubah sedikit pun apa yang telah dijalani selama kehidupannya.

Adakalanya seorang Ibu hanya ingin dihargai oleh anaknya; menghormati setiap keputusannya dan menerima semua saran darinya tanpa menyinggung perasaannya. Adakalanya seorang Ibu hanya ingin melihat anaknya bahagia di dunia ini tanpa mengharapkan bahwa ia akan mendapatkan kembali harta, tenaga, dan kasih sayang yang tanpa habis ia berikan kepada anaknya.

Adakalanya seorang teman hanya ingin dimengerti saat ia sedang jatuh; saat ia mengalami banyak masalah yang sulit ia pecahkan sendiri dan membutuhkan tangan teman sejatinya untuk membantunya berdiri tegak. Adakalanya seorang teman hanya ingin dihubungi sesekali karena ia tidak suka dengan hubungan pertemanan yang intensif tetapi hampa tak bermakna apa-apa, hanya sekadar “Kita, kan, teman”.

Adakalanya seorang guru hanya ingin murid-muridnya diam; memperhatikan dan menyimak semua hal yang ia jelaskan dan memahami apa yang telah ia terangkan. Adakalanya seorang guru hanya ingin murid-muridnya paham dan mengamalkan apa yang telah ia berikan walaupun muridnya kelewat aktif dan sulit dikendalikan.

Adakalanya penulis hanya menulis semua hal ini dan tidak ada maknanya.

Adakalanya, itulah kehidupan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s