Sedikitnya Tentang BIPA

BIPA!

Mengapa harus BIPA dan apa yang membuat beberapa orang nyaman di bidang ini?

Karena BIPA kita dapat mengenal banyak orang asing dari berbagai negara dan beragam budaya serta bahasa. BIPA memberikan satu tantangan yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Beberapa orang yang bergelut di bidang ini akan mengeluh dan merasa senang secara bersamaan. Banyak hal ini dan hal itu yang perlu dilalui dan ketika sudah berhasil melalui segalanya itu, senyuman di wajah pun mulai merekah.

BIPA memang memiliki banyak kelebihan dan kekurangannya. Hal ini menunjukkan bahwa BIPA adalah sesuatu hal yang wajar. Kalau lah BIPA hanya menyajikan kelebihannya saja, bidang pengajaran bahasa ini akan cenderung monoton dan membahayakan. Dan kalau BIPA ternyata hanya menyajikan kekurangannya saja, pengajaran bahasa tidak akan pernah berkembang. Lebih dan kurangnya sesuatu itu sebenarnya adalah hal yang dapat melengkapi satu sama lain. Kelengkapan itulah yang memuat BIPA kini mulai berkembang.

Sebelumnya, di Indonesia BIPA hanya merupakan program pengajaran bahasa yang tersedia di beberapa Balai Bahasa dan Perguruan Tinggi Negeri. Orang asing yang ingin mengikuti program ini memasuki tempat-tempat resmi tersebut dengan harapan untuk dapat menguasai bahasa Indonesia dengan baik. Akan tetapi, kini beberapa lembaga kursus bahasa asing pun mulai tertarik dengan BIPA dan mulai menyelenggarakan program BIPA. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar tuntutan orang Asing untuk dapat menguasai bahasa Indonesia.

Wah, something big starts happening. Take this chance yet, be careful.

Pada masa kini, banyak sarjana muda Indonesia, khususnya jurusan bahasa, yang berlomba-lomba memasuki dunia BIPA. Lapangan pekerjaan di bidang ini sebenarnya sangat luas sekaligus sempit (silakan pahami sendiri maksudnya). Berpengetahuan luas tentang tata bahasa dan budaya indonesia menjadi kunci utama untuk dapat terjun ke dunia ini. Jikalau Anda baru merasa cukup pandai dalam bidang kebahasaan, segeralah memperdalam pengetahuan Anda tentang budaya nusantara. Jikalau Anda berpikir bahwa Anda sudah merupakan sumber informasi tentang kebudayaan Indonesia, maka pelajarilah sedikit tentang tata bahasa.

Berbicara soal tata bahasa, sebetulnya hal ini penting tidak penting. Tata bahasa dikatakan tidak penting karena kebanyakan orang asing hanya perlu memahami bahasa Indonesia secara komunikatif – selama penutur dan mitra tutur dapat saling memahami satu sama lain, maka relevan dan komunikatif sudah bahasa mereka. Namun, tata bahasa juga penting untuk pengetahuan dasar orang asing, khususnya mereka yang mempelajari bahasa Indonesia untuk kepentingan akademis, sebab orang asing akan bertanya kenapa yang digunakan masyarakat Indonesia adalah “semoga cepat sembuh” dan kenapa “semoga sembuh cepat” harus ditertawakan oleh orang Indonesia saat mereka mengucapkannya? Penting untuk menjelaskan hal semacam itu dan semua pelajaran tata bahasa lainnya.

Selain itu, penting juga untuk memerhatikan usia dan kemampuan pembelajar. Kebanyakan dari mereka yang mempelajari bahasa Indonesia adalah mereka yang ada pada jenjang usia 18 sampai 60. Sangat disarankan untuk membawa mereka pada materi pembelajaran yang dewasa juga. Jangan diperlakukan seperti sedang mengajarkan bahasa Inggris pada anak-anak walaupun mereka berada pada tingkat dasar. Kenali mereka seperti Anda sedang berusaha untuk berkenalan dengan seorang teman dan buatlah sebuah pembelajaran yang sekomunikatif mungkin.

Semoga BIPA menjadi semakin berkembang dan Anda yang sedang berjuang di bidang tersebut, tetap semangat, ya!

🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s