Formula1 First Grand Prix

Albert Park – Melbourne, Australia

Cd-Ke9tUAAASPBm

Sesi pertama balapan Formula1 (20/3/2016) akhirnya datang juga. Albert Park, sirkuit yang menjadi langganan pembukaan ajang balap mobil paling bergengsi tersebut diterpa cahaya matahari yang cerah, semakin memanaskan baris depan dan sekaligus memicu baris belakang untuk dapat terus berpacu dengan mobil-mobil mereka. Firelli, sebagai pemasok ban di tahun ini semoga dapat menjadi andalan yang tepat bagi semua pembalap.

Hasil kualifikasi menampilkan dua pembalap Mercedes di posisi satu dan dua, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Hal ini sedikitnya menunjukkan kinerja tim tersebut masih satu langkah lebih baik dibandingkan dengan tim-tim lainnya. However, too early for this. Mari kita amati dan simpulkan bersama-sama tentang siapa yang akan merajai F1 di tahun 2016 ini.

Kabar gembira pun kembali melanda Indonesia. Setelah tayangan Formula1 dihentikan selama empat tahun terakhir di stasiun TV lokal, akhirnya balapan ini kembali ditayangkan. Hal yang menjadi perhatian utama dari musim ini adalah kehadiran Rio Haryanto di Manor Racing Team yang di grandprix ini dia start di posisi 22 setelah terkena penalti karena menabrak pembalap Grosjean saat di Pit waktu kualifikasi Sabtu kemarin.

Cd9iCFVWoAAM7U_

Ayo dukung RIO!

Woah! Balapan baru saja akan dimulai tetapi salah satu pembalap Red Bull Racing mengalami masalah dengan gar boxnya dan harus masuk pit, Kvyat. Pembalap lainnya berputar satu putaran lagi sebelum balapan dimulai. Sayang sekali! GP pertama, loh, ini! But He is back anyway, starting from the pit.

And the race is……

Ferrari menerobos Mercedes di awal balapan dan menyalip kedua pembalap pimpinan QP. Sebastian Vettel memimpin balapan dan mencetak fastest lap di putaran ketiga. Posisi kedua masih ditempati rekan satu timnya Kimi Raikonen. Sementara itu, Hamilton berada di urutan ke 6. And Rio, he’s 19th. Good!

Di putaran keempat, Hamilton menyalip Massa. Ia ada di urutan kelima sekarang. Tiga pembalap terdepan masih ditempati oleh Vettel, Raikonen, dan Rosberg. Sementara pembalap tuan rumah, Daniel Ricciardo ada di urutan kedelapan, terpaut 14 detik dari Vettel.

Hamilton menempel Verstappen di putaran sepuluh dan Ricicardo berhasil menyalip Massa hingga duduk di posisi keenam.

Kecelakaan mengerikan terjadi di lap 18. Ban mobil Fernando Alonso terlepas dan terbang mengenai mobil Guitierrez. Mobil Alonso berputar di udara dan menabrak pembatas. Beruntung ia berhasil menyelamatkan diri dari kecelakaan maut itu. Kedua pembalap berada dalam keadaan baik-baik saja. Kecelakaan tersebut menyebabkan sirkuit menjadi ternodai dengan pecahan-pecahan mobil yang berserakan di lintasan. Akhirnya, balapan dihentikan selama kurang lebih 20 menit. Rio Di urutan 18 saat itu.

Lap 19 kembali dimulai. Vettel still leading the race! Tetapi di beberapa lap berikutnya, Ferrari mulai kehilangan strategi setelah Raikonen set on ide dan berhenti dari balapan. Lalu Vettel mulai kehilangan posisinya setelah menghabiskan sedikit banyak waktu saat PIT Stop.

Cd-F_B2W8AAxbPY

Yang menarik adalah Jolyon Palmer dari Renault dan Romain Grosjean. Keduanya memberikan satu harapan baru bagi masing-masing tim untuk dapat terus maju di balapan selanjutnya.

Hingga akhir balapan, Rosberg memimpin di depan, diikuti oleh Hamilton yang akhirnya berhasil mencapai posisi kedua dan Vettel yang turun ke posisi tiga. Sangat disayangkan bahwa mobil Vettel harus melebar di dua lap terakhir ketika ia mencoba mengejar Hamilton. Beruntung tidak terjadi kecelakaan yang harus membuatnya keluar dari arena balap.

Dan hal yang disayangkan lainnya adalah Rio yang tidak bisa ikut balapan lagi setelah Red Flag karena mengalami masalah dengan kendaraannya. Tetapi satu pandangan positif bagi Rio dan timnya bahwa mereka mampu menyaingi tim-tim papan atas lainnya. Kualitas mobil dan keterampilan membalap yang baiknya ada, kok!

Sampai jumpa di balapan selanjutnya, pembaca.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s