Melewati Albert Park, Shanghai, dan Bahrain – Bottas Mengklaim Kemenangannya di Sochi, GrandPrix Rusia

Halo, rekan-rekan F1 sekalian.

F1 tahun ini seru, kan? Sudah empat seri berlalu dan sudah ada tiga pemenang berbeda yang keluar. Siapakah saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Grand Prix Australia

Gelaran pertama balap mobil paling bergengsi di dunia kembali di buka di sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia. Sirkuit yang menjadi home race bagi pembalap andalan Red Bull Racing Team, Daniel Ricciardo, justru menjadi mimpi buruk bagi pembalap berusia 27 tahun itu. Menjelang balapan, mobil yang dialami Ricciardo mendadak mogok saat baru keluar dari pit. Belum sempat mencapai grid, Ricciardo dan mobilnya terpaksa diangkut oleh truk untuk kembali memasuki garasi dan mendapatkan pemeriksaan dari para mekaniknya. Penonton kecewa bukan main dengan kinerja tim Red Bull yang menyebabkan Ricciardo akhirnya gagal finish di rumahnya.

P_20170325_155110

Hal ini dimanfaatkan betul oleh tim Ferrari. Vettel yang started dari posisi kedua di belakang Lewis Hamilton yang mencatat waktu 1:22.188 di babak kualifikasi, berhasil menerapkan strategi pit yang cepat dengan timnya dan mengambil alih posisi Lewis. Hal ini merupakan kegagalan bagi tim Mercedes yang menghabiskan waktu lebih lama di pit ketika Lewis masuk. 57 putaran dilalui oleh pembalap dan mengeluarkan Sebastian Vettel sebagai juaranya dengan catatan waktu 1:24:11.672. Lewis harus puas di posisi kedua diikuti oleh rekan satu timnya Valtteri Bottas di posisi ketiga.

P_20170326_120257

Pada Australian Grand Prix kali ini penonton dibuat terpukau dengan kinerja tim Force India Mercedes yang berhasil finish di posisi ke-7 dan ke-10 dengan pembalap andalan mereka Sergio Perez dan Esteban Ocon. Tampilan mobilnya yang berwarna pink terlihat cantik dan cepat di lintasan. Di sisi lain, pembalap baru tim juara dunia musim lalu, Valtteri Bottas, juga menebarkan kesan yang memesona dengan kemampuannya di lintasan. Toto Wolf tidak salah pilih dalam menentukan Bottas sebagai pengganti Nico Rosberg sebab Valtteri memang memiliki potensi yang baik untuk menjadi juara.

P_20170326_121729

 

2. Grand Prix Shanghai

Berselang dua minggu, F1 terbang ke negeri China. Shanghai menjadi tempat kedua yang menggelar balapan mobil F1. Tempat yang pernah menjadi saksi Daniil Kvyat dan Sebastian Vettel berseteru dalam memperebutkan podium kedua tahun 2016 lalu. Namun di tahun ini Kvyat gagal finish dan Vettel pun tidak berhasil mempertahankan kemenangannya. Vettel harus puas di posisi kedua dan menyerahkan tropi kemenangan pada Lewis Hamilton. Nasib baik dialami oleh dua pembalap tim Red Bull Racing, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo, yang masing-masing menduduki posisi ketiga dan keempat. Kimi Raikkonen dan Valtteri Bottas finish di posisi kelima.

 

3. Grand Prix Bahrain

Sirkuit internasional Bahrain kembali menggelar kegemerlapan balapan malam bagi F1. Bahrain yang dikenal sebagai sirkuit cepat dan eksentrik ini berhasil diklaim oleh Sebastian Vettel dalam 57 laps dengan catatan waktu 1:33:53.374. Kemenangan Vettel yang kedua kalinya membuat dia kembali memimpin klasemen pembalap dengan 68 poin. Hasil spektakuler diraih oleh Nico Hulkenberg dari tim Renault yang berhasil mendapatkan poin dengan menduduki posisi ke-9.

Terlepas dari kemeriahan dan kegembiraan kemenangan pembalap, tujuh pembalap tidak mampu menyelesaikan balapan. Alonso dan Vandoorne, dari tim McLaren Honda frustrasi dengan keadaan mobil mereka yang tidak kunjung menguntungkan di lintasan. Max Verstappen, Marcus Ericsson, Carlos Sainz, Lance Stroll, dan Kevin Magnussen adalah mereka yang sangat disayangkan harus DNF di BahrainGP.

 

4. Grand Prix Rusia

Rumah bagi Daniil Kvyat mendapatkan kesempatan untuk menggelar balapan keempat Formula1. Sirkuit unik ini memang menjadi awal bagi mimpi buruk  Kvyat di tahun lalu yang dianggap mendorong mobil Vettel hingga keluar lintasan. Hal ini membuat Kvyat diputuskan untuk berganti tempat dengan Max Verstappen dari tim Toro Rosso yang merupakan heartbreakin  bagi Kvyat karena berselang dua seri, dia Max meraih kemenangan pertamanya di Catalunya di atas mobil Kvyat.

Tahun ini, drama Sochi sudah dimulai sebelum balapan di mulai. Fernando Alonso walked away dari mobilnya ketika melakukan formation lap. Lagi-lagi mobilnya mengalami masalah. Setelah lampu hijau dinyalakan, drama di tikungan pertama terjadi di antara Romain Grosjean dan Jolyon Palmer yang ketika menghindari tubrukan dengan mobil lain, Palmer malah mendorong Grosjean keluar dari lintasan dan menabrak dinding pembatas hingga mobilnya rusak. Kedua pembalap ini masih saling menyalahkan untuk kondisi tidak menguntungkan yang dialami oleh mereka. Keterpurukan selanjutnya dialami oleh Ricciardo yang mengalami masalah dengan rem belakang sebelah kanan mobilnya yang terbakar. Keempat pembalap ini akhirnya tidak berhasil menyelesaikan balapan dan kehilangan poin.

Akan tetapi, nasib baik menimpa pembalap baru Mercedes, Valtteri Bottas yang langsung memimpin balapan dan sekaligus mengambil alih posisi Sebastian Vettel yang meraih pole position  pada seri itu. Bottas yang berada di posisi ketiga langsung menerobos ke depan dan menyalip dua pembalap Ferrari, Vettel dan Raikkonen. Lewis Hamilton yang start dari posisi ke-4 tidak mampu mengejar ke-3 pembalap di depannya yang selama 52 putaran berhasil mempertahankan posisinya masing-masing. Pembalap tuan rumah Daniil Kvyat harus puas di posisi ke-12. Sementara itu, hasil mengagumkan lainnya kembali diraih oleh tim Force India yang kedua pembalapnya finish di posisi keenam dan ketujuh. Bravo!

Masalah teknis apa yang dialami oleh Daniel Ricciardo dan tim Red Bull Racing TAG HEUER? Ada apa dengan Alonso dan tim McLaren Honda?

Selanjutnya…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s