Kemenangan Nomor 2 Dovizioso, Ducati Kembali Percaya Diri

GP Spanyol kemarin di gelar di sirkuit Catalunya, Barcelona. Sirkuit ini menjadi rumah bagi para pembalap Spanyol yang sekaligus mengharapkan kemenangan di negara asalnya. Di tahun 2017 ini, sirkuit Catalunya mengubah layout di tingkungan 10 dan 12. Jika sebelumnya MotoGP menggunakan layout 13 tikungan, sekarang tikungan di sirkuit ini bertambah tiga menjadi 16 tikungan. Hal ini dilakukan mengingat insiden yang terjadi pada Luis Salom di tikungan 12 yang menyebabkan kematian pada pembalap Moto2 itu. Demi keamanan lah perubahan layout ini dilakukan.

Siapa yang tidak menjagokan Dani Pedrosa, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan pembalap muda dari tim Yamaha M. Vinales. Mereka menjadi kebanggaan masyarakat negara Spanyol. Namun, MotoGP tidak selalu berorientasi pada pembalap asal Spanyol. Pembalap asal Italia pun tidak kalah mainnya.

Di Grand Prix kemarin (Minggu, 11 Juni 2017), Dani Pedrosa berhasil meraih pole position dengan catatan waktu 1’43.870 yang terpaut 0.331 detik dari Jorge Lorenzo di posisi kedua. Di babak kualifikasi, pembalap dari tim Movistar Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi tidak dapat menembus barisan depan. Vinales harus start dari posisi sembilan dan Rossi dari posisi ke-13.

Saat balapan dimulai, Lorenzo sempat memimpin dibeberapa putaran. Namun dia dengan motor Ducatinya tidak dapat bertahan lama. Marquez, Pedrosa, Zarco, Dovizioso, dan Folger bergantian mencoba untuk terus bertahan menjadi pimpinan race.

Danilo Petrucci yang pada Grand Prix Italia sebelumnya meraih podium kedua harus menjadi pembalap pertama yang keluar dari lintasan di putaran kedua. Disusul oleh Jack Miller dan Aleix Espargaro pada lap ke-12 dan ke-18. Ketiga pembalap ini benar-benar tidak beruntung tetapi keadaan ketiganya OK.

Jonas Folger dari tim Monster Yamaha Tech3 berhasil meraih catatan waktu terbaik sekaligus mencetak lap record di tahun 2017 ini dengan catatan waktu 1’45.969. Bravo!

Akan tetapi, pembalap yang berhasil keluar sebagai pemenang adalah Andrea Dovizioso dari tim Ducati yang sekaligus mencetak kemenangan keduanya secara beruntun di GrandPrix Italia sebelumnya. Kemenangannya ini diikuti oleh dua pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa di posisi kedua dan ketiga.

Sementara itu, Valentino Rossi dan Maverick Vinales harus puas di posisi ke-8 dan ke-10. Jorge Lorenzo ada di posisi keempat diikuti oleh Johann Zarco dan Jonas Folger di posisi kelima dan keenam. Kedua pembalap dari tim Monster Yamaha Tech3 ini benar-benar mengagumkan dengan hasil balapan ini. Kita lihat di sesi berikutnya bagaimana prestasi kedua rookies MotoGp ini.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s